Wisata Susur Sungai Martapura

image

Sebenarnya sudah beberapa waktu yang lalu saya mendengar tentang wisata susur sungai Martapura. Namun baru pada tanggal 22 Februari 2015 saya dan teman berkesempatan mengikuti wisata ini.

Berbeda dengan wisata susur sungai di pagi hari di mana yang lazim dikunjungi adalah pasar Terapung dan pulau Kembang yang lebih duluan terkenalnya, maka susur sungai yang saya ikuti ini dimulai dari titik awal di siring sungai Martapura, tepat di seberang mesjid Sabilal Muhtadin, Banjarmasin.

Sebelum naik ke kelotok yang sudah bersiap, tak lupa kami berkenalan dengan sesama penumpang yang lain. Dan tiga diantara mereka berasal dari Banjarbaru, satu kota dengan tempat saya tinggal. Kelotok yang kami tumpangi mengangkut enam penumpang dan seorang pengemudi. O iya, jangan lupa memakai topi atau jaket karena waktu itu walau sudah jam setengah lima, tapi teriknya matahari masih terasa begitu menyengat. Siapkan juga air minum dan cemilan selama di perjalanan. Waktu itu saya dan teman membawa jagung rebus dan kacang tanah rebus.

Susur sungai atau canal trip dimulai dari sungai Martapura kemudian masuk ke sungai-sungai yang lebih kecil seperti sungai Pekapuran, Kelayan, kemudian Kelayan Besar dan Bagau, sebelum kembali ke titik awal di sungai Martapura.

image

Perjalanan selama hampir dua jam tidak terasa sama sekali karena kami sibuk dengan kamera masing-masing berusaha untuk mengambil dan mengabadikan foto terbaik.

image

Selain terpukau dengan keramahan penduduk dan anak-anak yang mandi di sungai, saya dan teman merasa prihatin karena kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai masih rendah. Terbukti dengan banyaknya sampah plastik dan sampah rumah tangga yang hanyut dan mengapung. Padahal tentu mereka sadar danΒ  sangat bergantung dengan sungai untuk kegiatan mandi, cuci dan bahkan kakus.

image

Semoga saja dengan adanya wisata susur sungai ini, pemerintah kota Banjarmasin bersama-sama masyarakat semakin giat dan bahu-membahu menjaga agar sungai Martapura khususnya menjadi bersih dan terbebas dari sampah.

Iklan

3 thoughts on “Wisata Susur Sungai Martapura

  1. Keren sekali wisata susur sungai ini. Semoga bisa lebih terkenal dan memberi manfaat lebih luas. Penghidupan dari sungai, selayaknya diimbangi dengan menjaga sungai πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s