Delapan Sisi by Adityarakhman, dkk

image

Judul Buku: Delapan Sisi
Pengarang: Adityarakhman, Astri Avista, MB Winata, Norman Erikson Pasaribu, Prily V, Ridha A Rizki, RF Respaty, Riesna Kurnia
Penerbit: PlotPoint Publishing
Harga Beli: Rp.12.000,-

Sebelum menuliskan review tentang isi cerita, izinkan saya mengapresiasi setinggi-tingginya pada ilustrasi sampul yang di desain Diela Maharanie. Gambar gadis kecil menggenggam setangkai mawar bagai janin di dalam rahim seorang ibu dengan latar kuning cerah, begitu menarik perhatian saya.

Namun ketertarikan saya akan cover ini menguap setelah membaca cerpen pertama dari omnibook ini. Sebagaimana diketahui, omnibook merupakan kumpulan cerpen yang mempunyai benang merah atau tema yang sama di setiap cerpennya.

Tema yang diangkat dalam buku ini adalah tentang aborsi. Ada delapan karakter dalam cerita ini, sekaligus menjadi judul dalam setiap cerita.  Namun karakter yang paling menonjol dalam setiap cerita adalah dr.Urip alias Sugeng Wicaksono yang berprofesi sebagai dokter aborsi. Entah sebagai seorang anak yang tidak diinginkan Surti, penghuni panti asuhan yang ditemukan Lastri di toilet umum, anak angkat dari tuan dan nyonya Wicaksono, mahasiswa teladan kesayangan dosennya– Tris, atau bahkan sebagai suami dari Fendira.

Jujur saja di awal saya merasa tidak nyaman dengan cara bertutur Adityarakhman dalam cerpen Rini. Begitu pun dengan pengarang yang lain. Baru pada cerita keenam, Tris, yang ditulis oleh Riesna Kurnia, saya bisa menikmati. Tapi dari delapan cerita dalam Delapan Sisi ini, cuma Norman Erikson Pasaribu– dalam cerpennya Jeremy– yang benar-benar bisa mengeksekusi cerita dengan tepat.

Terlepas dengan beberapa kekurangannya, saya menghargai karya pertama delapan penulis pemula lulusan Akademi Bercerita (AkTa) dari penerbit PlotPoint ini.

Iklan

One thought on “Delapan Sisi by Adityarakhman, dkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s