Schweik Serdadu Lugu by Jaroslav Hasek

image

Judul: Schweik Serdadu Lugu (terjemahan dari The Good Soldiers Schweik)
Penulis: Jaroslav Hasek
Penerjemah: Anton WP.
Ilustrasi: Joseph Lada
Penerbit: Katta

Membaca kisah Schweik di buku ini mau tidak mau selalu membuat saya tersenyum dan berpikir kalau Jaroslav Hasek sang penulis sangat piawai mengolah lelucon sederhana menjadi lelucon yang mengesankan.

Berlatar perang dunia ketika kerajaan Bohemia masih berada di bawah kekuasaan Austria, Schweik yang merupakan pensiunan serdadu dari dinas militer ditangkap seorang mata-mata di restoran The Flagon karena dianggap menghina Archduke Ferdinand yang merupakan anggota kerajaan yang baru saja tertembak di Sarajevo. Schweik kemudian dibawa ke markas polisi dan diinterogasi. Namun Schweik menanggapinya dengan santai, apalagi tahu kalau dirinya akan dibawa ke pengadilan. Cerita terus mengalir dari Schweik dijebloskan ke penjara, sampai dianggap gila sehingga menghuni rumah sakit jiwa. Ada juga kisah Schweik bergabung dengan militer, dan tentu saja kisah Schweik saat dia menjadi pembantu pendeta. Bahkan Schweik tidak gentar untuk mengerjai Letnan Lukas dengan memberinya anjing curian yang ternyata dicuri dari Kolonel Kraus, atasan Letnan Lukas.
Percakapan Schweik dan Letnan Lukas di bawah ini membuktikan keluguan sekaligus kekonyolan Schweik.

Katakan padaku yang sebenarnya. Kau mencurinya atau tidak?”
“Lapor Pak. Saya tidak mencurinya.”
“Tahukah kau itu anjing curian?”
“Lapor Pak. Ya, saya tahu Pak.”
“Lalu Schweik, kau orang paling goblok, kau manusia tolol, kau orang hina penuh kutu, aku tembak kau. Demi Tuhan, aku sungguh-sungguh. Kau benar-benar idiot rendah?”
“Lapor Pak. Itulah saya Pak.”
“Mengapa kau memberiku anjing curian? Untuk apa kau menipu diriku?”
“Saya ingin menyenangkan anda Pak.” (Hal.136)

Schweik digambarkan sebagai orang yang jujur, lugu, lemah mental bahkan idiot oleh orang lain. Segala macam kesialan yang dialami dijalaninya dengan santai dan tanpa takut-takut. Schweik tidak ragu-ragu ‘menelanjangi’ kebodohannya sendiri, menertawakan orang lain dan membuat lelucon-lelucon tentang orang yang ada di sekitarnya.

Karya Hasek ini merupakan karya yang istimewa karena dia sendiri pernah masuk angkatan bersenjata Austria yang ditugaskan di korp kesehatan. Jadi cerita tentang serdadu Schweik sedikit banyak terilhami dari pengalamannya tersebut.

Iklan

One thought on “Schweik Serdadu Lugu by Jaroslav Hasek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s