Pena Beracun by Agatha Christie

image

Judul buku : Pena Beracun ( Terjemahan dari judul asli: The Moving Finger)
Alih bahasa : Ny. Suwarni A.S
Proofreader : Slamat P. Sinambela
Desain & Ilustrasi sampul : Staven Andersen
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 320 halaman; 18 cm

Setelah kecelakaan yang diderita Jerry,  dia disarankan oleh dokter untuk memulihkan saraf dan ototnya dengan tinggal di pedesaan. Bersama adiknya, Joanna, akhirnya mereka tinggal di Little Furze, Lymstock, yang disewa dari Miss Emily Barton– seorang wanita tua yang tidak menikah.

Baru beberapa hari mereka di sana bermunculan surat kaleng dengan isi yang penuh gosip, kotor bahkan keji. Surat kaleng itu juga sampai ke Joanna, yang menyebutkan bahwa ia dan Jerry bukanlah kakak beradik. Mereka semula menganggapnya sebagai lelucon bahwa ada yang tidak suka dengan kehadiran mereka di Lymstock. Tapi akhirnya surat kaleng tersebut memakan korban. Seorang istri ditemukan tewas karena meminum racun sianida, karena tidak tahan dengan isi surat kaleng yang diterimanya.
Benarkah demikian?

Saya tidak akan membahas isi buku ini secara rinci, karena takut akan membuka spoiler. Biarlah pembaca review ini membaca bukunya dan menikmati sendiri jalinan cerita dan ketegangan yang diciptakan Agatha Christie.
Seperti biasa Agatha Christie selalu detil menceritakan tokoh per tokohnya. Alur ceritanya pun selalu bergerak maju. Membuat saya tak ingin berhenti untuk segera menuntaskan dan mencari tahu siapa pembunuh sebenarnya.

Dalam buku ini kita tidak akan menemukan aksi sang detektif kenamaan Hercule Poirot yang selalu menggunakan sel-sel kelabu dalam otaknya untuk memecahkan misteri, namun oleh Miss Marple. Tapi sayang kemunculan Miss Marple hanya di akhir-akhir bab saja, ada kesan kalau kemunculannya pun terlalu dipaksakan.

Karena penyelidikan polisi berjalan lambat, maka seorang nyonya di Lymstock menghubungi Miss Marple yang merupakan kenalannya. Miss Marple dianggapnya ahli dalam masalah dan segala gosip di pedesaan. Benar saja setelah kemunculan Miss Marple, sedikit demi sedikit misteri tentang surat kaleng ini akhirnya terkuak.

Bagi yang baru berkenalan dengan Agatha Christie, saya sarankan untuk membaca karyanya yang berjudul Pembunuhan Atas Roger Ackroyd. Buku ini merupakan buku favoritnya dan dengan buku ini lah yang mempopulerkan sekaligus melambungkan namanya sebagai ratu cerita-cerita kriminal.

Iklan

One thought on “Pena Beracun by Agatha Christie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s