Of Mice and Men by John Steinbeck

image

Persahabatan sejati. Itulah yang ingin disampaikan John Steinbeck dalam bukunya Of Mice and Men ini.

Persahabatan antara George yang bertubuh kecil dan Lennie yang bertubuh besar namun dungu— tepatnya George selalu menjaga dan melindungi Lennie. Mereka adalah sepasang pengelana. Dulu mereka bekerja di sebuah peternakan di Weed. Namun karena ulah Lennie mereka mendapatkan masalah. Lennie mempunyai keganjilan menyukai sesuatu yang lembut dan selalu ingin membelai atau menyentuhnya. Lennie juga suka sesuatu yang mungil, terutama tikus. Begitu pun dengan kejadian di Weed. Sebenarnya Lennie hanya ingin menyentuh dan membelai gaun seorang gadis. Karena gadis itu mundur tiba-tiba, Lennie semakin menahan dan menjepitnya sehingga gadis itu menjerit dan ketakutan. Karena itulah mereka pergi dari Weed sebab orang-orang di sana mencari mereka.

Sekarang mereka mencoba peruntungan bekerja di peternakan Soledad dengan harapan mereka bisa mengumpulkan uang bersama. Mereka bermimpi memiliki sebidang tanah sehingga bisa hidup dengan damai. Lennie selalu meminta George menceritakan tentang mimpi-mimpi mereka.

Yah”, lanjut George, “kita akan memiliki sebidang tanah yang luas untuk menanam sayuran dan sebuah kandang kelinci dan beberapa ekor ayam. Jika hujan saat musim dingin, kita hanya akan mengatakan, persetan dengan kerja hari ini, lalu kita akan menyalakan api di tungku dan duduk berkeliling sambil mendengarkan suara hujan yang menetes di atap…” (hal.34)

Namun mimpi-mimpi Lennie dan George terasa semakin sulit dicapai karena di sini pun Lennie yang baik hati dan bersifat kekanakan akhirnya mempunyai masalah yang lebih besar lagi. George pun tampaknya tak akan bisa menyelamatkan sahabat sejatinya, Lennie.

Buku ini benar-benar mengharukan. Bahkan Pramoedya Ananta Toer memberikan pujian tentang buku ini dengan “….. Steinbeck menderetkan kata-kata sederhana bermuatan padat, kalimat-kalimat apik dan utuh”

Setelah membaca buku ini saya akan mencari karya lain dari Steinbeck. Apalagi Steinbeck adalah peraih penghargaan Nobel pada tahun 1962.

Keterangan Buku
Judul: Of Mice and Men
Penulis: John Steinbeck
Penerjemah: Isma B. Koesalamwardi
Penyunting: Huzeim
Pewajah Sampul: Iksana Banu
Pewajah Isi: Ufukreatif Desain
Penerbit: Ufuk Press
Cetakan Pertama: Desember 2009
Harga Beli: Rp.20.000,-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s